Selasa, 06 Juli 2010

AWET MUDA, TAMBAH CAKEP DENGAN SUSHI

Namun dari sekian banyak daya tarik sushi, ternyata sushi juga menyimpan rahasia kecantikan yang tentunya sulit untuk ditolak. Menurut penelitian hasil-hasil laut dari sushi memiliki kandungan zat-zat essensial seperti Omega 3 yang diperlukan tubuh untuk mencapai kesehatan yang optimal. Adapun khasiat utama dari Omega 3 tersebut adalah memperbesar pembuluh darah yang secara otomatis memperlancar peredaran darah. Selain itu juga sangat bagus khasiatnya untuk penyakit arthritis dan asthma. Kandungan Omega 3 sushi banyak terdapat pada ikan Tuna dan ikan Salmon. Namun perut ikan tuna atau lebih dikenal dengan Toro adalah bagian yang paling banyak memiliki kandungan Omega 3.


Dalam hal kecantikan, peneliti dari Amerika bahkan mendapati sushi yang didominasi makanan mentah khususnya ikan, dapat membantu membentuk tubuh lebih langsing, kulit lebih muda dan menarik, serta badan yang lebih sehat, berenergi, stamina meningkat, serta lenyapnya bau badan dan bau mulut. Bukan main !Karena penemuan itulah sekarang ini diet masakan mentah diikuti oleh selebriti Hollywood seperti Catherine Zeta-Jones, Gery Halliwell, Jennifer Lopez dan Demi Moore.


Sushi bersifat menyehatkan tubuh karena kandungan nasi dan ikan mentah dalam Sushi, sedikit mengandung lemak (30 persen) dan lebih banyak mengandung asam lemak omega-3. Selain itu kandungan kalori di dalam sushi rata-rata hanya berkisar 136 sampai 509 kalori. Sehingga makanan ini tidak bersifat menggemukkan karena sushi tidak termasuk dalam makanan berkalori tinggi.


Bahkan pusat ilmu kedokteran di Amerika mendapati bahwa kecepatan melemahnya daya ingat manula yang minimal mengonsumsi ikan setiap minggu lebih lamban 10% – 13% dibanding dengan manula yang jarang mengonsumsi ikan. Dan taraf perlambatan ini sama dengan membuat orang tampak lebih muda 3 – 4 tahun. Maka jika mengkonsumsinya secara teratur dapat memperpanjang jalan usia sehingga anda pun bisa tetap sehat dan awet muda.

Selain ikan, nori yang dibuat dari rumput laut atau nama lainnya ganggang laut hijau yang dihaluskan, kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis, mengandung banyak mineral yang penting bagi tubuh. Disebutkan bahwa kalsium, magnesium, fosfor, besi dan potassium merupakan bahan kandungan dalam rumput laut. Nori juga mengandung Pantothenic acid yang penting bagi kelenjar adrenal dan bermain penting bagi managemen stress tubuh. Kurangnya pantothenic acid bisa menyebabkan infeksi, kelelahan dan rasa gelisah berlebihan.


Para Ilmuwan Jepang mengungkap antioksidan klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Ekstrak rumput laut juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh. Nori banyak digunakan pada masakan Jepang, mulai dari pembungkus sushi, udang gulung atau rollade goreng.


Manfaat lain yaitu ternyata nori termasuk kategori makanan berserat tinggi. Karena Kandungan serat (dietary fiber) yang biasanya dipakai pada jenis makanan diet, pada rumput laut sangat tinggi. Serat rumput laut ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi pada penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.



Sumber:

Gaia Magazine

dan berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar