Rabu, 07 Juli 2010

GAIRAH KULINER SPANYOL

Kuliner Spanyol banyak menampilkan ragam makanan terbuat dari nasi. Rakyat Spanyol memang dikenal sebagai pengkonsumsi nasi yang luar biasa, meskipun negara ini bukan merupakan negara penghasil beras terbesar di dunia. Tiga makanan dari bahan dasar nasi yang paling terkenal adalah: Spanish Rice, Paella, dan Arroz con leche.


SPANISH RICE

Spanish Rice yang juga dikenal dengan sebutan Mexican rice, merupakan makanan selingan terbuat dari campuran nasi, tomat, bawang putih, bawang bombay, peterseli, cilantro dan bumbu-bumbu serta tambahan bahan lain. Cara memasaknya yakni dengan menumis nasi di wajan sampai berwarna kecoklatan, lalu sedikit demi sedikit dituangi kaldu ayam, setelah itu ditambahkan aneka macam sayuran seperti kacang kapri, wortel, pipilan jagung, dan lain-lain.

Aneka gambar Spanish Rice:

shrimp taco with spanish rice

Spanish fried rice

chicken and spanish rice soup

PAELLA

Ada banyak sekali variasi Paella (dibaca 'paeiya'), tapi yang paling terkenal yang berasal dari wilayah Valencia. Ada dua primadona Paella dari daerah ini, yakni:

# Paella Valenciana, yang merupakan campuran nasi dengan daging ayam, daging kelinci, tomat, artichoke, kacang kapri, cabai manis, minyak zaitun, kunyit, dan bahan-bahan lain.

# Paella Marinerra, yang merupakan campuran nasi yang dimasak bersama bumbu-bumbu seperti minyak zaitun, kunyit, bawang putih dan tomat, bersama aneka sea food seperti kerang, udang atau lobster.

Aneka gambar Paella:


ARROZ CON LECHE

Arroz dalam bahasa Spanyol berarti "nasi". Arroz con leche, tidak seperti Spanish rice atau paella, merupakan dessert yang bercita rasa manis. Bisa dihidangkan hangat atau dingin, tergantung cuaca saat bersantap. Arroz con leche dibuat dari nasi yang dimasak bersama gula dan susu, ditambah pelezat rasa dan aroma seperti kulit jeruk dan kayu manis.

Aneka gambar Arroz con leche:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar