Minggu, 11 Juli 2010

Parfait, dessert dingin dan manis

Parfait (baca: parfei)adalah dessert atau makanan pencuci mulut yang berasal dari Perancis. Berpenampilan cantik menggoda, dengan cita rasa manis dan lembut, Parfait dikenal sebagai dessert favorit di restoran-restoran berkelas. Untuk anda yang gemar ice cream tentu akan langsung menyukainya karena parfait terdiri dari es krim yang berlapis-lapis terbuat dari krim lembut, gula, telur dan penambah cita rasa seperti coklat, vanilla, strawberry, dan lain-lain. Selain itu yang membuat istimewa tampilan parfait adalah topping yang menyertainya, seperti kepingan coklat, potongan strawberry, cherry, irisan jeruk, dan lain-lain. Ciri khas lainnya dari penyajian Parfait adalah, hampir selalu disajikan dalam gelas-gelas tinggi bertangkai.





Kalau anda mau membuat sendiri salah satu resep parfait, ada resep cukup mudah yang bisa dicoba:

Strawberry-Lemon Parfait
Bahan-bahan:
1 /2 cangkir whipping cream
1/2 cangkir dadih susu rasa jeruk atau lemon curd (cari di super market)
Kulit jeruk parut dari satu buah jeruk
20 - 25 butir strawberry matang yang dibelah-belah dua
Daun mint sebagai hiasan (garnish)
Crispy cookie secukupnya
  1. Pertama kocok whipping cream sampai kaku didalam sebuah mangkuk.
  2. Dalam mangkuk berbeda campurkan seperempat bagian whipping cream yang telah dikocok dengan dadih susu dan kulit jeruk. Aduk hingga benar-benar tercampur. Lalu bekukan.
  3. Cara menyajikannya, susunlah buah-buah strawberry dan tumpuk atasnya dengan lapisan krim jeruk lalu tutup kembali bagian atasnya dengan strawberry, dan hiasi dengan daun mint serta crispy cookie.


*Cukup untuk 4 gelas.

Info nutrisi: Per sajian Parfait ini mengandung 215 kalori, 2 gram protein, 12 gram lemak, 26 gram karbohidrat, dan 43 mg kolesterol.


Resep parfait banyak ragamnya, tergantung dari imajinasi pembuatnya. Berbagai bahan buah bisa digunakan, dan selalu menampilkan "kecantikan" yang menggugah selera. Seperti beberapa contoh dibawah ini:

Pineapple Kiwi White Chocolate Parfait.

parfait untuk sarapan, dilengkapi buah dan granola

Parfait dengan kurma dan salmonberry.

Parfait dengan lemon dan blackberry.

Parfait Coffee Tiramisu. Wow...!!

Anda bisa mencoba satu resep lagi, White Chocolate Parfait.

Bahan-bahan:

  • 3/4 cangkir whipping cream kental
  • 1/4 cangkir gula
  • 2 sendok teh tepung jagung
  • 2 kuning telur
  • 4 ons coklat masak warna putih, potong-potong
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla
  • 3 cangkir whipped cream untuk topping
  • 1-1/2 cangkir blueberry segar
  • 1-1/2 cangkir raspberry segar
  • Irisan-irisan strawberry untuk hiasan di bagain atas.
Cara pembuatan:
  • Dalam panci, campurkan whipping cream, gula, dan tepung jagung. Masak sambil diaduk-aduk diatas api sedang hingga campuran seluruh bahan mengental.
  • Masukkan sebagian campuran tadi kedalam kuning telur dan kocok hingga halus lalu masukkan kembali ke dalam panci bercampur dengan seluruh bahan yang telah dimasak tadi. Didihkan dan aduk selama kurang lebih 2 menit. Kemudian lelehkan cokelat, aduk kembali. Angkat panci dari kompor dan aduk pelahan-lahan kedalamnya ekstrak vanilla.
  • Cool to room temperature, about 15 minutes. Fold in whipped topping. Place 1/4 cup each in four parfait glasses.Dinginkan parfait dalam suhu ruang, kira-kira 15 menit. Dan bubuhkan topping whipped cream. Masukkan kedalam gelas dengan ukuran seperempatnya, lalu diatasnya susun blueberry dan raspberry, dan ulangi dengan memasukkan seperempat gelas lagi adonan parfait, lalu ditutup lagi dengan susunan blueberry dan raspberry.
Informasi nutrisi:
Pergelas mengandung 483 kalori, 31 gram lemak (22 gram lemak jenuh), 169 mg kolesterol, 29 mg sodium, 44 gram karbohidrat, 4 gram serat, dan 4 gram protein.

Beberapa gambar Parfait coklat:

Chocolate parfait cake with vanilla ice cream

berry parfait with white chocolate mousse.




1 komentar:

  1. wah mantap2 nih hidangan desert nih. boleh juga coba desert yang ini gan http://goo.gl/H1kQDl

    BalasHapus